Media dibuat dengan rancangan yang sistematis
melalui berbagai langkah pengembangan dan
melibatkan tenaga terampil dan ahli, serta
menggunakan berbagai peralatan. Dengan
demikian media yang dihasilkan merupakan
media yang efektif.
Prinsip pemilihan media :
1. Kesesuaian
2. Ketersediaan
3. Kemudahan sajian
4. Keterjangkauan
5. Kemudahan akses
6. Teknologi
7. Kebaruan
8. Pengorganisasian
Kriteria pemilihan media :
1. Sesuai dengan tujuan pembelajaran
2. Relevan dengan topik yang diajarkan
3. Cocok dengan sasaran
4. Jelas dan rapi
5. Bersih dan menarik
6. Berkualitas baik
7. Praktis, luwes dan tahan lama
8. Ukurannya sesuai dengan lingkungan belajar
Tujuan Media :
Tujuan Media :
1. Untuk
mengurangi adanya kesamaran dalam informasi.
2. Meningkatkan
kemampuan belajar untuk dapat mengintepretasikan pesan.
3. Memberikan
gambaran apakah informasi penting yang ada di gambar itu.
Heinrich
Retal 2012
MEDIA
PEMBELAJARAN
1.
MEDIA
GRAFIK
Media pembelajaran di
atas merupakan contoh media pembelajaran Grafik. Media ini adalah tugas pada
pertemuan pertama saya. Dalam jangka waktu 1 minggu harus bisa menyelesaikan 1 media pembelajaran Grafik dan Chart yang akan saya bahas setelah
pembahasan media pembelajaran Grafik. Grafik
merupakan media yang menjelaskan data yang berupa angka angka, grafik lebih
menarik perhatian siwa di banding tabel. Media saya memiliki Judul “Kepadatan Penduduk Tahun 1930 Pada Masa
Penjajahan Belanda. Kenapa saya membuat judul yang demikian karena
mengingat bahwa KD saya adalah kelas XI SMK KD 3.2 Menganalisis Proses
Masuknya dan Perkembangan Penjajahan Bangsa Barat.
Prinsip membuat media grafik yang efektif
1) Memahami
prinsip dasar pembuatan grafik, yakni sederhana, berisi hubungan data, dapat
dibaca, dan dipahami. Grafik yang sukar kadang-kadang diperlukan dalam
menggambarkan berbagai faktor untuk tujuan tertentu, seperti perekonomian.
Maka, grafik-grafik yang paling efektif adalah yang menyoroti suatu idea tau
gagasan.
2)
Prinsip-prinsip yang digunakan pada semua grafik adalah adanya perbandingan
atau hubungan. Sebagai contoh, membuat perbandingan jumlah jamaah haji tahun
sebelum dan tahun berikutnya di suatu kecamatan atau membandingkan dengan
kecamatan lain pada tahun yang sama. Dalam membuat grafik memerlukan data dan
tanpa perbandingan atau hubungan yang berarti, maka sedikit sekali guna/
manfaatnya dalam menggambarkan statistic secara grafik.
3)
Dalam pembuatan grafik yang baik adalah informasi dari jumlah yang persis harus
ditunjukkan
Pembuatan grafik dimaksudkan untuk
bercerita dan sekaligus menggambarkan perbandingan, kecenderungan, serta
hubungan. Ada dua prinsip yang digunakan pada grafik gambar, yaitu :
a) Lambang-lambang
bergambar hendaknya sudah menjelaskan sendiri.
b)
Kuantitas biasanya diperlihatkan dengan sejumlah lambang beserta ukurannya.
Grafik-grafik
bergambar pada umumnya mempergunakan bentuk-bentuk satu ukuran dan masing-masing
bentuk menggambarkan besaran tertentu, berapa jumlah pecahan yang digambarkan
oleh bagian bentuk. Memperlihatkan beberapa lambang dari ukuran yang sama akan
memudahkan dibandingkan dengan dengan jumlah yang yang dipertunjukkan oleh
wilayah yang sama tetapi dapat mempergunakan lambang-lambang beserta
ukurannya. Hal itu dikarenakan oleh timbangan yang akurat padawilayah
dari bentuk obyek yang tak berurutan adalah sukar dibaca.
Sumber : https://andirakhmatb09mediapembelajaran.wordpress.com/2012/05/15/grafik/
Fungsi Media
Pembelajaran Grafik salah satunya berfungsi untuk menjelaskan/ menyatakan
jumlah yang terdapat dalam suatu data. Dengan menggunakan media grafik di
harapkan siswa dapat menerima pembelajaran dengan lebih baik. Karena dengan
adanya media grafik selain siswa mendengarkan penjelasan dari guru, siswa juga
dapat melihat media pembelajaran sebagai penunjang penjelasan guru. Dalam
pembuatan media grafik cukup mudah, disini kita hanya memerlukan : Sumber : https://andirakhmatb09mediapembelajaran.wordpress.com/2012/05/15/grafik/
1. 1
kertas manila (Putih)
2. Penggaris
Ukuran 30 cm
3. ATK
Cukup
mudah bukan untuk mendapatkan bahan pembuatanya .. ? dalam pembuatan media ini
memerlukan tingkat kreatifitas dan kesabaran yang medukung terselesainya media
dengan baik dan menarik. Pembuatan media tentunya selain menarik, media
tersebut di desain agar bisa menjelaskan kepada siswa dengan di dukung
verbalisme dari seorang guru. Selanjutnya saya disini akan menjelaskan tentang
kelebihan dan kekurangan dari media pembelajaran yang saya buat.
KEKURANGAN
:
1. Tampilan
grafik kurang menarik
2. Kurang
bermain warna
3. Tulisan
kurang tebal dan kurang besar
4. Nama
dan KD seharusnya di tulis di belakang agar 1 kertas dapat di maksimalkan untuk
pembuatan grafik.
5. Kurangnya
ke kreatifan dalam mendesain grafik, utamnya desain batangnya.
KELEBIHAN :
1. Isinya
sesuai dengan KD dan Judul grafik
2. Adanya
garis tepi di di dalamnya.
3. Di
sertakan KD dalam pembuatan.
4. Di
buat dengan (%) untuk memudahkan perhitungan.
SARAN :
Untuk
pembuatan grafik selanjutnya di harapkan siswa lebih bisa memaksimalkan kertas
dan bisa mendesain media grafik dengan lebih baik, tentunya dengan adanya bahan
bahan yang mendukung dalam upaya memaksimalkan kerja.
2.
MEDIA
CHART
Karakteristik Chart
yang efektif :
1. Kita
dapat mengetahui tujuan dari conten kita.
2. Mengurangi
adanya informasi verbal (informasi langsung) tanpa guru menerangkan panjang
lebar, murid bisa mengerti hanya sekedar melihat chart.
3. Membuat
simple untuk pelajar.
4. Harus
dapat berkomunikasi (chart)
5. Verbal
informasi harus dapat mensport visual (gambar).
Media
chart ini merupakan tugas ke 2 dalam pertemuan pertama saya. Media pembelajaran
chart ini di sesain untuk mempermudahnya jalannya pembelajaran di kelas
tentunya dalam mengetahui point point apa saja yang akan di bahas di dalam
kelas. Agar pembelajaran lebih terfokus dalam 1 pokok bahasan.
Media
pembelajaran saya kali ini berjudul “Sistem
Kebijakan VOC Pada Masa Kolonial Belanda”. Pembuatan media chart ini
berguna untuk menjelaskan kebijakan apa saja yang di terapkan oleh VOC pada
masa penjajahannya. Jadi pembelajaran terfokus pada kebijakan VOC.
KEKURANGAN
:
1. Nama
dan KD seharusnya berada di belakang agar kertas bisa dimaksimalkan
pembuatannya keseluruhan.
2. Warna
kurang menarik, karena hanya ada perpasuan hitam dan merah, itupun tidak
terlalu tampak.
3. Kurang
memaksimalkan kertas, karena tampak masih ada ruang yang masih kosong.
KELEBIHAN :
1.
Tidak membutuhkan waktu yang lama
dalam pembuatan.
2.
Tidak membutuhkan biaya yang
banyak.
3.
Judul berhubungan dengan KD yang
terpilih.
4.
Adanya kesesuaian isi dengan Judul.
SARAN :
Dalam pembuatan media pembelajaran
chart selanjutnya di harapkan lebih bisa mendesain dan memberi warna, agar
media bisa menarik perhatian siswa karena tampilannya menarik, unik dan tidak
membosankan. Pewarnaan tidak juga bisa di lakukan dengan Krayon.
MEDIA PEMBELAJARAN MIND MAP DAN
PETA KONSEP
1. MEDIA PEMBELAJARAN MIND MIPING
Ada
beberapa tips agar mindmapping lebih menarik, efektif , mudah dipahami
1 1) Temukan
Poin Penting di Tiap Bab dan Sub Bab
Sebelum
mulai membuat Mind Map, temukan poin penting di setiap bab dan sub bab pada
buku yang And abaca. Catat poin penting tersebut dalam skertas kecil. Anda
boleh mencatatnya dengan linear. Misalkan, dalam buku yang And baca terdapat 5
bab. Masing-masing bab terdiri dari 3 sub bab. Maka Anda harus temukan poin
penting dari 15 total sub bab.
2 2) Pastikan
Peralatan Sudah Lengkap
Jangan
biarkan peralatan yang tidak lengkap di meja kerja Anda membuat Anda menunda.
Sebelum memulai membuat mind map, pastikan semua perlatan sudah tersedia di
meja Anda. Jangan sampai ketika sedang asik dan hanyut dalam membuat mind map,
Anda terpaksa berhenti di tengah jalan karena warna spidol tak mencukupi.
Peralatan
yang dibutuhkan dalam membuat mindmap adalah kertas gambar persegi panjang,
spidol berwarna atau pensil warna, dan tentunya buku yang akan Anda buat mind
mapnya.
3 3) Tuliskan
Kalimat Utama (Tema Besar) di Tengah Kertas
Tulsikan
satu tema besar pada bagian tengah kertas Anda. Ini akan menjadi tema besar
mind map Anda. Anda bisa menuliskannya dengan huruf besar dan warna mencolok,
atau bisa juga Anda berikan bentuk atau gambar khusus agar lebih menarik
perhatian. Jika Anda bukan tipe orang yang bisa menggambar, cukuplah hanya
dengan menuliskannya danbuat lingkaran atau bentuk lain untuk melingkarinya.
4 4) Buat
Cabang Untuk Tiap Judul
Kebanyakan
eror dalam membuat mindmap adalah tidak cukupnya ruang menuliskan semua poin
penting dalam satu kertas. Untuk menyiasatinya, kita bisa membuat cabang untuk
tiap judul terlebih dahulu. Hal ini untuk memastikan ada ruang yang cukup untuk
menuangkan gagasan dalam bentuk mind map. Jika tidak dibuat demikian,
kebanyakan orang akan menyelesaikan satu judul terlebih dahulu, baru pindah ke
judul yang lain. Terkadang judul-judul yang terakhir tidak akan mendapat ruang
yang cukup.
5 5) Buat
Cabang Sub Judul pada Setiap Judul
Setelah
membuat cabang pada untuk setiap judul, buatlah cabang pada setiap judul untuk
menuliskan sub judul. Lakukan ini pada setiap judul sampai selesai
6 6) Gunakan
Warna Berbeda untuk Tiap Judul
s
s
.Sumber : http://bacakilat.com/tips-mudah-membuat-mind-map/
Selanjutnya
saya akan menjelaskan tentang media pembelajaran Mind Map dan Peta Konsep. Media pembelajaran ini merupakan tugas
media yang ke 2 setelah Media Chart dan grafik. Media Pembelajaran Mind Maping
ini merupakan media pembelajaran yang menjelaskan secara detail materi
pelajaran namun tetap ada batasan batasannya nya. Mind Miping di susun
sedemikian rupa untuk membantu bahkan mempermudah guru dalam pembelajaran di
kelas. Dalam Mind Map ini materi di ulas secara mendalam namun siswa tidak akan
merasa bosan., karena di sajikan dalam bentuk yag menarik dan unik. Yaitu Judul
terletak terpusat di tengah dan di samping kanan, kiri, bawah, atas, di bentuk
seperti akar ranting yang menyerupai pohon.
Pembuatan Mind Maping
ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar, karena mengingat materi yang di
sampaikan luas maka kertas manila yang di butuhkan juga lebar. Dalam pembuatan
media ini kita membutuhkan minimal 2 kertas manila yang di gabung jadi satu.
Dalam pembuatan media
ini membutuhkan tingkat kreatifitas dan kesabaran si pembuat. Semakin seseorang
memiliki kreatifitas yang tinggi, maka hasil nya akan maksimal. Materi yang di
sampaikan harus benar benar ada keterkaitan antara satu materi dan materi
lainnya. Penguasaan materi di butuhkan dalam pembuatan media ini. Pembuat media
di tuntut membaca dan memahami isi materi yang sesungguhnya. Setiap media yang
di buat tentunya memiliki sebuah kelebihan dan kekurangan. Adapun kelebihan dan
kekurangan media pembelajaran Mind Miping saya adalah.
KEKURANGAN :
- . Tidak di sertakan judul Mind Miping
- . Tulisan Kurang Tebal dan Besar
- . Terdapat warna Oranye dan Hijau dalam media (Tulisan Huruf).
- penulisan huruf di dalam pembuatan media yang baik di larang memakai warna oranye, hijau, oranye, pada dasarnya adalah warna warna yang mirip seperti hijau dan biru
- . Ukuran font tidak stabil.
KELEBIHAN :
1. Dapat menghubungkan antara materi satu
dan lainnya.
2. Pemilihan warna di setiap penanda materi
cukup baik. Mis : Inggris penanda akarnya Oranye, Spanyol penanda akarnya
Hijau.
3.
Judul cukup mewakili isi materi .
4.
Ada kesesuaian judul dengan KD yang di
pilih.
5.
Dapat memanfaatkan kertas dengan
semaksimal mungkin.
SARAN :
Dalam
pembuatan media mind miping selanjutnya di harapkan lebih memperhatikan ukuran
font dan seharusnya pewarnaan di lakukan lebih awal di banding penulisan
materi, karena di sini saya mengawali dengan penulisan materi selanjutnya di
warna, lalu di gosok dengan kapas. Sebenarnya hal itu baik di lakukan, karena
bisa menghaluskan serta meratakan warna tapi caranya yang terbalik, sehingga
tulisannya menjadi samar.
2. MEDIA PEMBELAJARAN PETA KONSEP
Dalam membuat peta konsep ada enam langkah yang harus diikuti“ (Da-har, 1989:126). Keenam langkah tersebut adalah
1. menentukan bahan bacaan,
2. menentukan konsep-konsep yang relevan,
3. mengurutkan konsep-konsep itu, mulai dari yang paling inklusif sampai yang paling tidak inklusif atau contoh- contoh,
4. menyusun konsep- konsep itu di atas kertas, mulai dengan konsep yang paling inklusif di puncak ke konsep yang paling tidak inklusif
5. menghu-bungkan konsep yang berkaitan dengan garis-garis penghubung dan memberi kata penghubung pada setiap garis penghubung itu, dan
6. mengembangkan peta kon-sep tersebut, misalnya dengan menambahkan dua atau lebih konsep yang baru ke setiap konsep yang sudah ada dalam peta konsep.
ini adalah contoh media pembelajaran Peta Konsep. merupakan media yang berguna untuk
memetakan konsep konsep pokok mengenai materi pelajaran di kelas. Dengan adanya
peta konsep ini, Guru lebih mudah merancang materi yang hendak di ajarkan
kepada siswanya. Sebalinya siswa akan lebih mudah menangkap materi yang di sampaikan
oleh Guru. Dalam pembuatan media ini terlebih dahulu kita harus mengetahui isi
materi sehingga kita dapat mengambil pokok pikirannya untuk kita terapkan ke
dalam peta konsep.
di
katakan bahwa chart hampir sama dengan peta konsep. hal utama yang membedakan
antara chart dan peta konsep terletak pada materi yang ada di dalamnya. Kalau
chart cenderung sedikit pokok pikiran yang di jelaskan. Misalnya tentang “Penjajahan Bangsa Kolonial Ke Indonseia” hal
yang akan di munculkan di dalam chart salah satunya pertanyaan tentang Bangsa
apa saja yang pernah menjajah Indonesia serta siapa saja tokohnya?. Sedangkan
kalau di peta konsep cenderung lebih luas, seperti Bangsa apa? Tokohnya Siapa?
Rute perjalanannya Bagaimana? Kebijakannya Bagaimana? Dsb. Berikut akan di
uraikan tentang kelebihan dan kekurangan media pembelajaran Peta konsep yang sudah saya buat .
KEKURANGAN
:
1. Pokok
bahasannya kurang luas.
2. Warna
kurang menarik.
3. Terlalu
singkat untuk bisa di katakan peta konsep.
4. Terlalu
mengehemat kertas.
KELEBIHAN :
1. Adanya
kesesuaian antara KD, judul dan isi.
2. Ukuran
font cukup besar.
3. Adanya
garis tepi.
SARAN :
Dalam
pembuatan peta konsep di atas lebih baik jika di dalamnya terdapat Definisi dan
penyebab datangnya bangsa Eropa ke Indonesia, jadi tidak langsung menjurus ke
macam bangsanya serta tokohnya.
MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT

Media pembelajaran power point
merupakan salah satu contoh media pembelajaran yang menggunakan media
elektronik (komputer). Pada era modern ini sudah banyak pembelajaran di kelas
yang menggunakan media power point. Dalam pembuatannya pun cukup mudah dan materi
di kemaas dengan simple. Dalam pembuatan PPT yang baik tentunya kita harus bisa
mengemas isi PPT secara menarik dan tidak power text. Di awal slide pembuatan
PPT selayaknya di isi dengan peta konsep yang berguna untuk mengkonsep
keseluruhan materi yang hendak di sampaikan. Berikut akan di sampaikan
karakteristik media powerpoint yang efektif.
Karakteristik Media PPT
yang efektif :
1. Dalam
setiap slide di haruskan salah satu menggunakan huruf (Tahoma, Arial, Verdana).
2. Dalam
setiap slide di haruskan menggunakan perubahan salah satunya (Bold, Italic, underline, size changes).
3. Background
dan tulisan harus contras.
4. Ukuran
font judul (30-40).
5. Ukuran
content (20-30).
6. Banyaknya
baris dalam tiap slide (10-12).
7. Slide
yang ada kaitannya dengan slide selanjutnya di beri (Next,Lanjutan) di pojok
kanan bawah.
8. Pemilihan
gambar harus sesuai dengan tulisan.
9. Spasi
antara baris dan kata tidak selalu rapat dan renggang (standard).
10. Isi
tulisan dalam slide, semuanya harus rata kanan kiri.

KEKURANGAN :
1.
Pada penulisan KD slide pertama
seharusnya tidak di underline semuanya, tetapi di ambil beberapa kata saja.
2.
Penulisan judul harus nya di bold.
3.
Pada slide ke tiga pemilihan warna untuk
ciri khas masing masing bangsa tidak ada.
4.
Pada slide ke 4 dan 5 tidak ada
penjelasan awal tentang vidio dan audio yang di insert.
5.
Penulisan kata Continue pada pojok
kanan bawah seharusnya tidak perlu. Karena tidak ada keterkaitan antara slide
sebelum dan sesudahnya.
KELEBIHAN :
Saya sudah menggunakan
perubahan pada setiap slide, misalnya saya sudah memakai underline, bold, font tahoma dan verdana. Adanya kesesuain antara
gambar dan content pada slide 2. pada slide ke 4 saya meletakkan bendera
portugis dan belanda yang bertujuan sabagai pembeda antara vidio Portugis dan
Belanda.
MEDIA
PEMBELAJARAN PREZI
Prezi adalah sebuah perangkat lunak (software)
masa kini yang fungsi utamanya hampir sama dengan Power Point, yaitu untuk presentasi
berbasis internet. Selain untuk presentasi, Prezi juga dapat digunakan sebagai
alat untuk mengeksplorasi dan berbagi ide di atas kanvas virtual. Prezi
menggunakan Zooming User Interface (ZUI), hal inilah yang membuat
software ini mempunyai ciri khas dan keunggulan tersendiri, yang memungkinkan
pengguna Prezi untuk memperbesar dan memperkecil tampilan media presentasi
mereka.
Prezi digunakan sebagai alat untuk membuat
presentasi dalam bentuk linier maupun non-linier. presentasi linier adalah
presentasi terstruktur artinya tampilan yang satu dengan yang lainnya saling
berurutan, sedangkan presentasi non linier adalah presentasi yang berbentuk
peta-pikiran (mind-map). Dalam software ini teks, gambar, video, dan media
presentasi lainnya ditempatkan di atas kanvas presentasi, dan dapat
dikelompokkan dalam bingkai-bingkai yang telah disediakan. Pengguna dapat
menentukan ukuran relatif dan posisi antara semua obyek presentasi sesuai
keinginan.
Keunggulan prezi :
1)
Tampilan tema yang lebih bervariasi dibandingkan dengan power
point.
2)
Menarik ketika dalam mode presentasi, dengan menggunakan
teknologi ZUI nya.
3)
Lebih simple dalam hal pembuatan animasi.
4)
Pilihan tema keren, yang dapat di unduh secara online.
Kelemahan prezi :
1)
Karena hanya menggunakan teknologi ZUI (tampilan yang nge-Zoom),
software ini terlihat monoton.·
2)
Proses instalasinya membutuhkan koneksi internet.
3)
Sulit memasukkan simbol matematika.
.
Dalam pembuatan media pembelajaran prezi kali ini saya memberi
judul “Kedatangan Bangsa Barat Ke
Indonesia”. Dalam pembuatan Prezi ini saya menyertakan Vidio dan juga
alamat website. Prezi yang saya gunakan kali ini adalah media pembelajaran
prezi yang berbasis online. Jadi penggunaanya harus terkoneksi dengan
jaringan internet.
Ada juga media prezi offline, kenapa saya disini saya tidak menggunakannya, karena lebih simple menggunakan yang online dan bisa di buka di manapun kita berada dan mengantisipasi ketertinggalan file. Kelebihan dan kekurangan media pembelajaran prezi saya akan di jelaskan di bawah ini :
Ada juga media prezi offline, kenapa saya disini saya tidak menggunakannya, karena lebih simple menggunakan yang online dan bisa di buka di manapun kita berada dan mengantisipasi ketertinggalan file. Kelebihan dan kekurangan media pembelajaran prezi saya akan di jelaskan di bawah ini :
KELEBIHAN :
Kelebihan
media pembelajaran prezi saya adalah
1. Saya sudah menambahkan
gambar yang ada kaitannya dengan content.
2. Terdapat alamat
website dan vidio sebagai hal penarik prezi.
3. Sengaja saya insert
kan gambar kapal sebagai background karena tertuju pada penjelajah yang
melewati samudra dengan transportasi kapal.
KEKURANGAN :
Kekurangan media pembelajaran prezi saya
adalah
1. Tulisan kurang besar
pada slide 4 dan 5.
2. Ada beberapa slide
yang font nya tidak rata kanan kiri.
3. Saya tidak menggunakan
font (Tahoma,Verdana ataupun Arial) karena dalam prezy tidak ada macam font
seperti di atas.


















1 komentar:
The King Casino
The worrione.com king casino in Oklahoma offers a wide variety of games. The casino offers several slots, poker, blackjack, and live 1등 사이트 games to choose from. We deccasino will also communitykhabar
Posting Komentar